Salam semangat untuk seluruh ibu , mamah, atau mami di Indonesia baik mamah muda atau mamah tua. Menjadi seorang ibu tidaklah mudah seperti yang dibayangkan atau seperti yang dikatakan banyak orang, namun bukan berarti sangat menyulitkan bahkan menyedihkan. Masing-masing orang tua memiliki tugas yang berbeda, kesibukan yang berbeda namun kewajiban tetaplah sama yakni membimbing dan mengurus anak-anaknya. Mengurus anak disini memiliki arti yang sangat luas dalam kategori yang luas pula, anak memang tanggung jawab Ibu namun sepenuhnya adalah kedua orang tua (Ayah dan Ibu). Dulu mungkin memang kita ketahui bahwa yang berperan besar dalam mengurus dan mendidik adalah Ibu, karena tugas ayah sebagai kepala keluarga adalah bekerja atau mencari nafkah untuk memenuhi segala kebutuhan keluarga dan biaya pendidikan anak.

5 Trik Ampuh Untuk Menghemat Saat Berbelanja

Jaman semakin maju, semakin modern dan sejauh berkembang maju dari jaman sebelumnya yaitu sekitar 10-15 tahun yang lalu, dahulu yang bekerja atau meniti karir adalah kepala keluarga alias Ayah, jadi kalaupun Ibu ingin membantu Ayah maka Ibu akan membantu menjadi asisten rumah tangga, berdagang, atau kalau di pedesaan bertani, bahkan ada juga yang pergi merantau untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Sangat jauh berbeda dengan jaman sekarang, justru jaman sekarang malah kebanyakan yang rajin mencari nafkah adalah Ibu. Entah bagaimana perputaran dan pola pikir ini bisa berubah pesat.

Sehingga banyak wanita karir saat ini, maka untuk mengurus anak ada sebagian yang tidak mampu dan membutuhkan bantuan asisten rumah tangga untuk mengurus anak dan segala keperluan di rumah. Padahal sejatinya justru semakin banyak pengeluaran, untuk membayar asisten rumah tangga dan keperluan rumah tangga lainnya. Nah ini ada beberapa trik menghemat uang ketika gajian untuk berbelanja segala kebutuhan sandang ataupun pangan.

Diantaranya yaitu:

  1. Berbelanja sesuai kebutuhan, jadi belilah barang yang sedang dibutuhkan. Bukan yang sedang diinginkan oleh ego dan mata yang Anda lihat.
  2. Belilah benda yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Artinya tidak terlalu mahal hingga menguras kantong Anda. Lalu pilihlah barang yang kualitasnya bagus.
  3. Belilah barang yang kualitasnya terbaik, tak apa harga sedikit mahal asalkan awet hingga beberapa tahun. Karena jika barang awet maka uang Anda bisa dibelikan untuk barang lain yang sedang dibutuhkan pula.
  4. Bicarakan terlebih dahulu dengan pasangan Anda sebelum membeli, karena bisa saja salah satu dari Anda sudah membeli, jadi Anda bisa membeli barang lain yang belum dibeli namun sangat dibutuhkan.
  5. Patungan dengan suami atau istri Anda, sehingga pengeluaran tidak terlihat membesar.

5 trik jitu diatas merupakan cara yang cukup efektif dalam membantu pengeluaran Anda, sehingga tidak akan terjadi istilah “besar pasak daripada tiang”  sama artinya dengan “besar pengeluaran daripada penghasilan”. Karena seperti yang ketahui jaman sekarang berbelanja semakin mudah dilakukan walaupun Anda sedang berada di dalam rumah, Anda tetap bisa melakukan transaksi beli dengan cara online melalui bantuan smartphone (HP) Anda.

Banyak yang sudah sadar bahwa justru dengan adanya kemudahan berbelanja semakin menjadikan masyarakat Indonesia menjadi masyarakat konsumtif. Masyarakat yang senang membeli benda-benda yang diinginkan tetapi belum tentu dibutuhkan. Maka akan sangat membuang-buang uang hasil kerja keras atau pemberian suami atau ayah dan Ibu. Dengan Anda menjadi masyarakat yang konsumtif maka Anda akan memberikan banyak keuntungan bagi para penjual online, uang Anda menipis namun uang mereka justru menebal. Kegiatan ini jaman sekarang dikatakan lebih menyenangkan, lebih mudah, dan lebih murah. Karena hanya dengan menggunakan smartphone Anda bisa membeli segala hal yang Anda inginkan secara online.

3 Tips Hemat Uang Namun Tetap Bisa Belanja Online

Kalau bicara tentang belanja Hemm pasti semuanya senang, pasti semuanya ingin melajukannya. Apalagi jika Anda berpenghasilan besar. Membeli ini dan itu sanggup, punya ATM apa saja, wah pasti sudah tidak bisa di tahan lagi setiap ingin membeli barang yang dilihatnya dan menarik perhatian untuk membeli dan memilikinya. Eits jangan lupa ya Anda juga punya kebutuhan lain yang harus dipenuhi, terutama bagi Anda yang sudah berkeluarga. Pikirkan keluarga Anda, anak dan istri, penuhi segala kebutuhan keluarga terlebih dahulu barulah pikirkan diri Anda dan keinginan yang lain. Ada 3 tips supaya Anda tetap hemat walaupun banyak yang ingin dibeli, diantaranya yaitu:

  1. Belilah barang dengan menggunakan ATM yang sama dengan Anda, karena kalau berbeda Anda akan kena uang administrasi setiap kali Anda melakukan transaksi pembayaran barang yang ingin Anda beli.
  2. Belilah saat online shop yang dituju sedang mengadakan diskon, karena dengan harga diakon biasanya jauh lebih murah, sehingga tidak menguras kantong terlalu banyak.
  3. Jika online shop yang and maksud dekat dengan lokasi tempat tinggal Anda atau tempat kantor Anda, alangkah baiknya jika membeli langsung dan datang ke toko, hal ini untuk menghindari ongkos kirim. Karena ongkir juga ditanggung oleh pembeli, walaupun ongkos kirim yang ditarif standar yang membedakan adalah cepat atau lambatnya, semakin cepat barang sampai maka harganya semakin mahal namun jika ingin yang normal maka harganya lebih murah.

Berbelanja jaman sekarang memang sejatinya tidak bisa lagi ditahan oleh siapa pun, karena sangat menggoda dan memang saat ini sudah menjadi kebiasaan dan mengikuti fashion jaman sekarang.