Masyarakat sekarang dapat dikatakan sebagai masyarakat yang konsumtif, mengapa saya katakan demikian? Karena jaman ini secara tidak langsung telah mengajak dan menuntun masyarakat untuk hidup konsumtif. Apa sih konsumtif itu? Konsumtif adalah konsumen yang sering berbelanja dan membelanjakan uangnya dalam jumlah yang cukup banyak sehingga bisa dikatakan juga boros.

Nah jaman sekarang yang saya lihat demikian, masyarakat menjadi seseorang yang konsumtif ketika berbelanja, apa pun itu jenisnya. Jika seseorang sudah dikatakan konsumtif maka sudah sulit untuk dihentikan, kecuali keadaanlah yang mendorong seseorang tersebut untuk berhenti menjadi tidak demikian. Sebetulnya menjadi masyarakat yang konsumtif dan tidak adalah pilihan, mungkin jika seseorang tersebut memilih menjadi konsumtif memiliki penghasilan lebih sehingga selalu mampu saja membeli barang baru, walaupun di luar sana banyak yang jual barang bekas yang diinginkan walaupun dalam jumlah atau harga yang cukup tinggi.

Yuk Coba Langkah Ini Untuk Berhemat

Saya tidak tahu apakah Anda termasuk orang-orang yang konsumtif ataupun tidak. Tetapi saya akan memberikan beberapa pandangan positif dan negatif jika Anda menjadi masyarakat yang konsumtif. Mungkin saja dari sekian banyaknya masyarakat Indonesia setuju dengan apa yang saya sampaikan disini. Bahwa jika Anda memilih menjadi masyarakat yang konsumtif tentu Anda harus benar-benar mampu memikirkan jangka lanjang mengenai keuangan Anda, harus tahu apa sih manfaatnya lalu apakah ini akan benar-benar mampu memberikan kepuasan jangka sekarang dan jangka panjang?

Baiklah konsumtif menurut saya bukanlah pilihan yang baik untuk dipilih, karena lebih banyak memiliki dampak negatifnya bagi manusia atau masyarakat. Karena Anda tentu saja akan jauh berkali lipat lebih boros dalam menggunakan uang, berb3da halnya dengan jika Anda tidak konsumtif, dan Anda juga bisa dikatakan sebagai orang yang boros serta menghamburkan uang untuk hal-hal yang kurang bermanfaat bagi orang banyak namun hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri karena dengan berbelanja dapat membuat hati merasa senang. Alangkah baiknya jika uang yang ada digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat dan membantu antar sesama dengan membeli barang bekas di tukang jual barang bekas.

Senang Berbelanja Tapi Tetap Hemat, Bisa Kok !

Saya tidak bisa memungkiri bahwa jaman sekarang tidak ada masyarakat yang tidak pernah berbelanja online , kecuali memang dia belum tahu dan tidak menyukai belanja online. Namun, kali ini saya akan lebih fokus bagaimana cara menghemat uang sebelum gajian tiba. Menghemat memang bukanlah tindakan yang mudah untuk dilakukan, apalagi bagi mereka yang memang senang belanja, senang makan diluar, dan senang bepergian. Pasti bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti Anda harus terus-terus an boros dan menghabiskan uang. Yuk baca ini, ada 4 tips supaya Anda tetap hemat sebelum uang gajian turun. Diantaranya yaitu:

  1. Gunakan uang seperlunya, jadi belilah hal-hal hang diperlukan bukan yang diinginkan
  2. Pisahkan uang untuk masing-masing kebutuhan Anda. Misalnya uang untuk belanja bulanan, untuk beli perabotan rumah yang sudah rusak atau lainnya.
  3. Harus mampu mengontrol pengeluaran supaya tidak lepas kontrol, Anda haus maksimalkan pengeluaran sesuai target Anda.
  4. Belilah barang yang sesuai dengan kantong namun kualitas terbaik
  5. Rajinlah membeli barang yang penuh diskonan.
  6. membeli barang bekas namun masih layak pakai di toko jual barang bekas

Usahakan supaya pengeluaran tidak lebih besar daripada penghasilan Anda, supaya Anda aman dan terhindar dari pinjam meminjam baik kepada sanak saudara, kartu kredit ataupun teman. Karena jika Anda sudah meminjam kepada siapa pun itu maka Anda akan merasa ketagihan. Sedangkan tanggungan atau beban justru malah akan bertambah dalam hal pengeluaran. Pengeluaran yang besar akan membuat Anda lebih sulit baik menyulitkan Anda saat ini hingga nanti pinjaman Anda selesai pada waktu yang ditentukan.

Cantik Tak Harus Mahal Di Tanggal Tua !

Mengikuti trend fashion jaman sekarang boleh, tetapi bukan berarti Anda harus rela mengeluarkan uang lebih demi terpenuhi trend fashion sedangkan Anda sendiri juga masih memerlukan banyak uang untuk membeli benda lain yang jauh lebih dibutuhkan. Jadikanlah diri Anda sebagai masyarakat yang mampu menyaring beragam informasi, beragam perkembangan, dan beragam ilmu yang diperolehnya di jaman sekarang. Karena jaman sekarang semakin banyak hal yang tak terduga terjadi dalam hidup kita.

Perkembangan Jaman Mempengaruhi Munculnya Beberapa Bidang Kecantikan. Saya ambil contoh ya jaman sekarang semakin banyak yang baru dan hadir di kalangan masyarakat mungkin sebelumnya tidak berpengaruh bagi masyarakat, namun saat ini justru sangat mempengaruhi masyarakat bahkan mereka yang tidak mampu pun akan memampukan diri untuk melakukannya dan memiliknya. Seperti halnya jasa skin care, sebelumnya skin care hanya bisa dinikmati oleh mereka yang memiliki uang banyak, publik figur, dan dokter. Biasanya seseorang yang melakukan perawatan kulit akan melakukan beberapa langkah supaya dirinya terlihat jauh lebih menak dan tentunya memerlukan uang banyak.

Seperti melakukan operasi bibir, pipi, hidung dan lainnya, saat ini memang masih berlaku cara mempercantik wajah dengan cara yang demikian. Namun, saat ini Anda bisa tentengan mudah temui skin care dimana-mana yang sekiranya cocok dan pas dihati serta cocok dengan jenis dan kondisi kulit Anda. Tetapi saat ini yang diserbu oleh masyarakat adalah perawatan kulit dengan menggunakan cream wajah (pagi, siang, dan malam), cara ini sangat jauh lebih simple dan murah untuk dilakukan dan dibeli.

hal lain tidak mau kalah yaitu barang bekas entah dari plastic atau apa pun itu, juga saat ini bisa dijual dengan cara online pula. biarpun barang bekas namun kualitas bisa dijamin terbaik, tinggal tergantung bagaimana Anda sebagai konsumen pandai-pandailah dalam memilih produk dan toko yang sudah terkenal kualitasnya. jual barang bekas bisa dengan mudah Anda lakukan baik dengan cara offline ataupun online di jaman sekarang tidak perlu lagi ribet.