Budaya masyarakat dunia yang kebanyakan konsumtif saat ini menghasilkan banyak sekali barang sisa yang sebagian besarnya tidak akan bisa diuraikan secara alami oleh decomposer. Terlebih penggunaan plastic juga saat ini sepertinya sudah melampaui batas melihat banyaknya sampah yang bertebaran di lingkungan sekitar kita, parit, sungai, bahkan laut. Ketika manusia menghasilkan banyak sekali limbah yang tak bisa terurai, tentu saja kita harus memikirkan bagaimana cara untuk menguranginya. Jika kita tinggal diam dan membiarkan bumi dikotori oleh sampah yang kita hasilkan, dijamin beberapa tahun kedepan anak cucu kita akan menghidup udara kotor setiap harinya.

Penanggulangan Sampah Yang Menguntungkan

Sampah memang menjadi masalah bagi seluruh penghuni bumi karena kita sendiri yang menghasilkan sampah tersebut. Jika kita terus menghasilkan sampah dan membuangnya secara sembarangan seperti yang sudah kita lakukan, keselamatan bumi akan sangat terancam. Bagi sebagian orang beberapa barang yang tak terpakai, yang mungkin dianggap sampah oleh banyak orang, bisa dijadikan sebagai Gunung emas yang akan memberikan banyak keuntungan.

Mengubah Sampah Menjadi Gunung Emas

Bagaimana cara mengubah sampah tak berharga menjadi Gunung emas yang akan sangat menguntungkan? Yaitu dengan memanfaatkan sampah-sampah tersebut dan menyulapnya menjadi sesuatu yang lebih berguna dan tentunya indah. Ada banyak jenis sampah yang bisa kita sulap menjadi barang yang lebih berguna dan tentunya berharga. Oleh mereka yang memiliki daya kreativitas tinggi, sampah-sampah tersebut dimanfaatkan sebagai pusat penghasilan mereka. Selain untuk keuntungan pribadi, hal tersebut juga mengurangi timbunan sampah yang saat ini sudah sangat banyak. Berikut beberapa jenis bisnis menguntungkan dari bisnis daur ulang barang bekas.

  1. Kardus bekas

Membeli banyak barang atau barang kebutuhan dalam jumlah banyak, biasanya akan menggunakan kardus untuk membungkusnya. Setelahnya, kardus hanya akan teronggok di gudang karena tidak digunakan. Bagi mereka yang memiliki kreativitas tinggi, kardus bekas tersebut bisa diubah menjadi berbagai barang yang lebih indah dan berguna tentunya. Misalnya saja figura kardus, permainan sederhana untuk anak-anak, atau box serbaguna yang bisa digunakan untuk menyimpan banyak barang.

  1. Kaleng bekas

Saat ini banyak kita temui yang dibungkus dengan kaleng. Setelah menyesap habis minuman tersebut, kaleng pembungkusnya hanya akan berakhir di tempat sampah. Padahal kaleng-kaleng tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik dan bisa juga dijual dengan harga yang tak murah. kaleng-kaleng bekas tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bisnis kerajinan tangan dari barang bekas dengan mengubahnya menjadi berbagai macam barang cantik yang berguna. Kaleng minuman bekas bisa dibuat hiasan lampu, karakter superhero lucu, atau miniatur mainan anak yang lucu.

  1. Botol bekas plastic

Sampah botol plastic merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan oleh manusia setiap harinya. Tak mengherankan jika suatu daerah bisa menghasilkan beberapa ton sampah bekas hanya dalam waktu satu hari. Jika dibiarkan menumpuk tentu saja akan sangat membahayakan lingkungan. Kita bisa menguranginya dengan menggunakan botol bekas plastic untuk dibuat kerajinan tangan seperti tempat pensil, hiasan dinding, hiasan meja, dan lain sebagainya.

  1. Botol bekas kaca

Selain botol bekas plastik, botol kaca bekas juga banyak kita temukan di tempat sampah. Ketersediaan barang bekas yang melimpah tersebut akan sangat menguntungkan saat kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Botol kaca bekas bisa dimanfaatkan untuk dibuat barang lainnya yang lebih berguna dan indah seperti hiasan meja, vas bunga, atau lain sebagainya.